MEMPROMOSIKAN PRODUK

https://samsuryani.wordpress.com/2017/04/06/tips-promosi-produk-yang-berkesan

Promosi merupakan bagian dari distribusi produk dimana kegiatan ini adalah umum dilakukan bagi tenaga pemasar atau perusahaan yang bertujuan untuk memberikan informasi atau memperkenalkan suatu produk kepada konsumen dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar citra produk semakin mantap tertanam dalam benak konsumen. Promosi juga dapat meningkatkan penjualan contohnya dengan memberikan diskon harga atau pemberian hadiah beli dua gratis satu.

STRATEGI PROMOSI

Dalam promosi kita juga harus mempunyai strategi, jangan sampai dari promosi itu malah mengakibatkan kerugian. berikut adalah strategi dari promosi:

STRATEGI PROMOSI

PROSES PEMBELIAN KONSUMEN

  • Mengenali Kebutuhan
  • Mencari Informasi
  • Evaluasi Alternatif
  • Keputusan Membeli
  • Evaluasi Pasca Pembelian

BAURAN PROMOSI

Kombinasi media untuk mempromosikan produk, antara lain:

  1. PERIKLANAN, adalah media promosi yang dibayar oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada publik atau calon pelanggan. Iklan dibagi menjadi tiga, yaitu : Iklan Persuasif, strategi mempengaruhi konsumen melalui kualitas produk agar konsumen mau membeli produk kita, bukan produk perusahaan lain; Iklan Perbandingan, strategi beriklan dengan membandingkan dua produk atau lebih secara langsung; Iklan Pengingat, strategi beriklan untuk mengingatkan ke konsumen tentang keberadaan produk kita. Media pengiklanan: ada televisi, radio, koran, majalah, internet, dll.
  2. PENJUALAN LANGSUNG, diantaranya Penjualan Pribadi(personal selling) adalah penjualan melalui proses tatap muka langsung antara penjual dan pembeli. Keuntungannya adalah dapat dibangun hubungan pribadi dan rasa percaya antara pembeli dan penjual,  menjalin komunikasi interpersonal, dan pembeli dapat bertanya banyak perihal produk yang ditawarkan. Kerugiannya, memerlukan biaya yang besar pada setiap kontak; Telemarketing, adalah bentuk penjualan langsung yang menggunakan media telepon. Cara ini dapat menghemat biaya kunjungan dibandingkan dengan penjualan pribadi.
  3. PROMOSI PENJUALAN, kegiatan jangka pendek untuk menarik konsumen membeli produk yang ditawarkan, atau bekerjasama dengan distributor dan agen penjualan. Promosi penjualan ini dapat berupa, kupon, pajangan, sampel gratis, hadiah, pameran dagang, kontes, dan undian.
  4. HUBUNGAN MASYARAKAT, tugasnya membangun citra perusahaan yang baik dimata publik, memberi informasi ke publik tentang perusahaan, dan menanggapi atau memberi hak jawab terhadap keluhan, komplain atau serangan negatif pesaing terhadap perusahaan.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai